Fungsi dan Kegunaan Thermal Paste Untuk Laptop

Thermal paste  (biasa juga disebut thermal gelthermal compoundthermal pasteheat pasteheat sink paste dan heat sink compound)  adalah cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis (wikipedia).

kebanyakan dari pengguna awam kurang begitu mengerti seberapa pentingnya peranan thermal paste.  thermal paste biasa berada di antara chip dan heatsink, secara garis besar berguna untuk melancarkan rambatan panas yang dihasilkan oleh chip menuju heatsink agar mudah di lepaskan ke udara ( heat dissipation) .


Thermal Paste Mahal VS Murahan
ada banyak  pilihan thermal paste di pasaran, mulai dari yang murah (20 ribuan dapat 1 botol kecil) hingga yang mahal (>100ribu keemasan suntik kecil, 3-4 kali pakai)  tentu saja material yang digunakan berbeda. semakin mahal akan semakin baik konduktivitasnya, masalahnya sekarang,, apakah worth menggunakan thermal paste yang mahal ? bisa ya, bisa juga tidak tergantung suhu operasi dari Chip tersebut. suhu operasi yang dimaksudkan adalah rentang suhu saat idle (standby)  hingga full load (beban puncak).  apabila suhu kerja mencapai angka kritis (>60ºC) maka penggunaan thermal paste berkualitas sangat di anjurkan, biasanya suhu ini dihasilkan oleh chip seperti processor , GPU (vga) mid-high end. dan single chipset dengan VGA terintegrasi.
Bagaimana denga thermal paste murahan? memang kurang di anjurkan, tapi tidak ada salahnya di aplikasikan pada komputer dengan beban kerja minim (office & internet), karena sejauh ini memang tidak pernah bermasalah. peranan penting sebuah thermal paste berbanding lurus dengan suhu operasional perangkat komputer.

bagaimana dengan pasta gigi?
Ini salah satu jurus cowboy yang melengenda di kalangan teknisi “pinggir jalan” :D.  kembali ke atas, bila suhu operasional perangkat rendah (<40ºC),, tidak masalah, dengan catatan hal tersebut dilakukan semata-mata untuk aplikasi yang sifatnya darurat.  masih ragu? komputer saya pernah 3tahun menggunakan pasta gigi pada processor, dan tidak ada masalah, kebetulan saat itu di tempat saya toko komputer masih jarang dan minimnya pengetahuan saya tentang komputer.
kapan mengganti thermal paste? 
Tingkat kerusakan chip oleh panas berlebih pada komputer moderen memang kecil karena chip pada komputer moderen memang kebanyakan telah dilengkapi dengan mekanisme  high temperature protection yaitu dengan menghentikan operasi secara mendadak pada suhu ktitis, so, bila komputer tiba2 blank secara kontinyu saat beban tinggi ( main game, multi tasking dll) , kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginan. pantau suhu lewat software monitoring, tentukan komponen mana yang mengalami overheat, periksa kebersihan heatsink, dan ganti thermal paste pada chip, karena seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” a.k.a mengering, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. hal ini sering terjadi pada chip yang mengalami panas tinggi yg cukup intens/sering misalnya gaming PC, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada laptop.


Thermal paste yang telah mengering

Sekilas tentang pengaplikasian Thermal paste
Menurut standar umum, caranya dengan meletakkan thermal paste sebesar biji jagung di tengah chip, lalu di tekan dengan heatsink. beberapa orang  mengaplikasikan dengan cara mengoleskan thermal paste secara merata pada permukaan chip, cara yang digunakan sama2 benar, namun untuk lebih aman, gunakan prosedur yang umum saja,sesuai dengan anjuran pabrikan. kalau mas bro punya cara sendiri, bisa juga berimprovisasi, intinya jangan ada celah kecil antara kedua permukaan. dan yang terakhir In My Opinion, lebih baik jumlah paste yang dipakai lebih baik sedikit agak banyak dari pada kurang dengan kata lain, lebih baik blepotan sedikit dari pada pendinginan tidak maksimal.
conclusion : jangan pernah remehkan fungsi thermal paste, pantau suhu perangkat melaui software monitoring atau melalui bios, sebelum menentukan pilihan. dan jaga selalu kebersihan Fin (bilah) heatsink dari debu, karena pada kuantitas tertentu, debu dapat mengurangi pelepasan panas secara signifikan.
Demikian dan terima kasih.

Source: https://alavictor.wordpress.com/2013/03/17/mengenai-thermal-paste-dan-cara-penggunaannya/
Fungsi dan Kegunaan Thermal Paste Untuk Laptop Fungsi dan Kegunaan Thermal Paste Untuk Laptop Reviewed by anam's on 9:16 PM Rating: 5

No comments:

Sponsor

Powered by Blogger.